Cara Membuat Susu Kedelai


Cara membuat susu kedelai mudah sekali dapat dillakukan di mana saja dan kapan saja. Susu kedelai merupakan minuman yang terbuat dari bahan utama kacang kedelai.

Susu kedelai ini sangat digemari karena disamping harganya yang murah dan rasanya yang lezat, juga mengandung protein yang hampir sama dengan susu sapi. Khasiat lain dari minuman susu kedelai adalah dipercaya dapat mencegah kanker payudara, kanker prostat, menurunkan kadar kolesterol, mencegah osteoporosis  dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara membuat susu kedelai terbilang cukup mudah dan bahan bakunya juga mudah didapat. Resep cara membuat susu kedelai akan melengkapi resep makanan yang ada di kumpulan artikel kami, anda dapat mendapatkan resep makanan yang lain pada menu resep makanan.


Bahan - bahan

  • 1  kg kacang kedelai
  • 2 kg gula pasir
  • 2 bungkus vanili
  • 1 buah putih telor
  • 3 lembar daun pandan atau daun jeruk
  • 15 liter air


Cara Membuat Susu Kedelai
  1. Cuci bersih kedelai. Rendam selama 3 - 3,5 jam dalam air bersih dengan perbandingan 1:3 (  1kg kedelai direndam ke dalam 3 liter air ). Kemudian tiriskan.
  2. Rebus kedelai selama 30 menit, lalu angkat dan dinginkan. Kemudian diremas - remas hingga kulit arinya mengelupas. Buang kulit arinya dan cuci bersih kedelainya.
  3. Blender hingga halus dan menjadi bubur kental. Tambahkan air panas secukupnya saat memblender ( untuk menghilangkan bau "langu" ).
  4. Saring bubur kedelai dengan menggunakan saringan dari kain nilon berpori - pori besar. Saat menyaring tambahkan air panas sedikit demi sedikit dengan perbandingan 1:15.
  5. Saring kembali dengan menggunakan saringan yang pori - porinya lebih kecil.
  6. Lakukan penyaringan terakhir menggunakan kain blacu untuk memperoleh sari kedelai yang benar - benar murni dan tanpa ampas.
  7. Tuang sari kedelai ke dalam panci stainless steel. Masukkan gula, daun pandan atau dau jeruk, dan vanili. Rebus hingga mendidih. Saat hampir mendidih  masukkan putih telor untuk mengentalkan dan mengikat sisa - sisa  kotoran sehingga mudah dibersihkan.
  8. Setelah mendidih kemudian diangkat, lalu dinginkan. Susu kedelai siap disajikan.
Begitulah cara membuat susu kedelai, mudah bukan teman - teman bisa mencobanya di rumah, bahkan kalau ditekuni bisnis penjualan susu kedelai juga akan menambah penghasilan yang lumayan.

INFO WIRAUSAHA :

Es Dawet Hitam bentuk Wirausaha sukses dengan modal hanya 60.000, untung jutaan per hari, laris di semua musim,  dan mudah dipelajari. Pelajari tutorial asli wirausaha sukses dawet hitam.

 
Joomla SEO powered by JoomSEF