19 -December -2014 - 10:12

Langkah - langkah  Cara Melakukan

Riset Kata kunci Atau Riset Pasar


Riset kata kunci atau riset pasar merupakan suatu keharusan dalam bisnis online, ini merupakan cara untuk menemukan pasar potensial dimana produk yang kita jual dapat diterima oleh calon konsumen.

Pada prinsipnya pasar online tidak jauh berbeda dengan pasar konvensional, di situ ada permintaan dan ada penawaran, ada pembeli dan ada penjualnya, dan yang tidak kalah penting adalah ada persaingannya juga.

Ada banyak kasus, dimana banyak orang sudah tahu cara membuat website, namun tidak melakukan riset kata kunci sebelumnya, sehingga website yang dibuatnya kurang optimal karena tidak didasarankan permintaan atas topik website tersebut.

Tujuan dilakukannya riset kata kunci atau riset pasar adalah untuk menemukan kata kunci ( pasar online ) yang banyak dicari pengguna internet, namun tingkat persaingannya kecil atau dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah niche market.

Tingkat persaingan atas kata kunci diukur dengan hasil pencarian, setelah kata kunci tersebut diketikkan pada   search engine misalnya google. Cara melakukan riset kata kunci atau riset pasar dapat dipermudah dengan tools gratis dari google.

Banyak para pelaku internet yang terjebak pada tools – tools atau program riset kata kunci yang harganya mahal.  Padahal untuk mendapatkan kata kunci yang diinginkan, Google telah menyediakan dengan gratis, hasilnyapun cukup akurat.

Awalnya Google memberikan alat ini dengan nama Adword Keyword Tool, sekarang Google telah mengupdatenya dengan alat yang baru dengan nama google Keyword Planner. Keduanya sama saja Cuma tampilannya yang berbeda, yang penting kita melihatnya sebagai alat untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Untuk dapat mengoperasikan alat perencana kata kunci ini anda harus mengakses halamannya dengan alamat   https://adwords.google.com/ko/KeywordPlanner .

Ketikkan alamat  tersebut pada browser kemudian tekan enter. Jika anda belum masuk kea kun Google,  berikut ini adalah tampilan halaman depannya :

cara melakukan riset kata kunci / riset pasar

Isikan data akun Google anda kemudian klik “ masuk “ , anda akan dibawa pada halaman berikutnya :

cara melakukan riset kata kunci atau riset pasar

Kemudian klik saya kalimat yang saya lingkari dengan tanda merah di atas. Setelah itu akan terbuka halaman berikutnya :

cara melakukan riset kata kunci atau riset pasar

Ketikkan kata kunci yang anda inginkan, misalnya : kambing, selanjutnya klik gambar pensil panda kolom   “ filter kata kunci “  ,  lakukan pengaturan yang diinginkan. Selanjutnya klik gambar pensil pada kolom  “ opsi kata kunci “  , lakukan pengaturan yang diinginkan. Lakukan pengaturan lainnya dengan mengklik pada gambar pensil yang lain. Ini tergantung selera anda. Lihat gambar di bawah ini :

cara melakukan riset kata kunci atau riset pasar

Gambar di atas muncul setelah anda mengklik  “ filter kata kunci “  .  Misalnya anda memilih tingkat persaingan yang “ rendah “. Lihat pengaturan yang lain di bawah ini ;

cara melakukan riset kata kunci

Gambar di atas akan muncul setelah anda mengklik  “ opsi kata kunci “. Lakukan pengaturan sesuai selera anda. Misalnya pilihan yang pertama anda klik “ nyala “ , makan kata kunci yang akan ditampilkan hanya kata kunci yang mengandung kata “ kambing “. Mudah bukan?

Kemudian lakukan pengaturan lainnya pada kolom “ penargetan “. Tinggal anda pilih sesuai selera, misal target negara Indonesia. Pilih juga Google Indonesia. “ Kata kunci negative “ maksudnya adalah kata kunci  yang tidak ingin anda tampilkan pada hasil riset anda.

Setelah semua pengaturan anda selesai kemudian klik “ dapatkan ide “.  Akan tampil hasil riset kata kunci anda seperti di bawah ini :

cara melakukan riset kata kunci atau riset pasar

Di atas adalah daftar kata kunci yang berhubungan dengan kata “ kambing “. Ini merupakan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet untuk mencari informasi tentang “kambing “.

Lihat  kata kunci “ kambing etawa “. Setiap bulan, orang yang mencari informasi tentang “ kambing etawa “ ,  ada sebanyak  5400 pencarian. Boleh juga diartikan bahwa sebanyak 5400 orang per bulan mencari informasi tentang kambing etawa.

Untuk meriset kata kunci yang lain, anda tinggal mengganti kata “ kambing “  ( tanda merah ) dengan kata yang lain. Kemudian klik “ dapatkan ide ( tanda merah ) yang ada di sampingnya.

Sesuai dengan tujuan riset, carilah kata kunci yang jumlah pencarinya banyak tapi pesaingnya kecil. Kata kunci “ kambing etawa “ dicari 5400 orang. Lalu bagaimana melihat tingkat persaingannya?

Caranya mudah. Anda masuk ke http://www.google.co.id kemudian tekan “ enter “. Kemudian akan ditampilkan halaman depan mesin pencari Google. Anda ketikkan kata kunci “ kambing etawa” disana. Cara penulisannya adalah dengan cara mengapitnya dengan tanda petik. Begini   “kambing etawa” lalu tekan enter.

Kemudian akan ditampilkan daftar alamat situs yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Lihat di bawah ini :

cara melakukan riset kata kunci atau riset pasar


Ternyata pesaing anda sebanyak 2 930 000 halaman situs. Tingkat persaingan ini terlau tinggi. Berdasarkan pengalaman saya, kata kunci yang dapat dioptimalkan dengan cepat adalah kata kunci dengan tingkat persaingan 1 juta ke bawah.

Berarti anda harus mencari kata kunci lainnya. Lakukan riset dengan langkah – langkah seperti di atas. Jangan lupa, dapatkan kata kunci yang pencarinya banyak namun persaingannya 1 juta ke bawah. Syukur – syukur anda dapat menemukan tingkat persaingan sekitar 500 an. Itu bagus sekali.

Tetapi hindari kata kunci yang persaingannya kecil namun pencariannya terlalu kecil juga, nanti situs anda pengunjungnya kecil. Paham kan?

Jadi hanya dengan cara yang sederhana di atas kita dapat menguji ide bisnis online kita untuk menemukan pasar ceruk / niche market yaitu pasar dimana kata kunci yang banyak pencarinya namun pesaingnya sedikit. Mudah bukan

Dengan menemukan ide bisnis yang tepat, kemudian membidik kata kunci yang sesuai dan optimasi situs yang benar maka anda dapat menghasilkan uang dari blog anda, mungkin dengan cara menjual produk fisik secara online ( toko online ), bahkan anda dapat menjual produk informasi dari ide dan keahlian anda.

 

Kumpulan artikel terkait :

 
Joomla SEO powered by JoomSEF